Sabtu, 05 Mei 2012

Cara Mudah Install Netbook, Laptop dengan Flashdisk!


       Netbook, makhluk mungil ini semakin mempermudah pekerjaan kita. Dahulu sebelum kemunculannya ke dunia persilatan ups! hehehe hampir-hampir setiap berangkat ke kampus dan harus membawa laptop saya seperti memikul beban 2 ton di punggung saya hehehe
Lain dulu lain sekarang, netbook yang hanya seberat 1,5 kg ini membuat langkah kita semakin ringan meski si netbook kita gendong kemana-mana berjam-jam (ttd Mbah surip). Tetapi masalah lain muncul, saat tiba-tiba si netbook ngambek dan minta install ulang padahal kita tidak memiliki DVD eksternal? So apa yang harus kita perbuat?
Lagi-lagi, si mungil punya teman si mungil. Maksudnya? Si Netbook punya teman si Flashdisk hehehe ternyata si netbook bisa di tolong sama si flashdisk untuk install ulang. Bagaimanakah caranya?
Inilah tips komputer cara install netbook dengan menggunakan Flashdisk :

Cara Kilat
  1. Tancapkan flashdisk 4 Gb ke komputer normal –> Jalankan WinToFlash –> Transfer Win 7 ke flashdisk dengan WinToFlash –> Flashdisk Siap Digunakan!
  2. Tancapkan flashdisk 4 GB tersebut ke Netbook target –> Booting dari Flashdisk –> Install win 7 seperti biasa –> Selesai!
Cara Detail
  1. Tancapkan Flashdisk 4 Gb di komputer yang normal
  2. Download WinToFlash disini
  3. Ekstrak file download tadi dan buka folder ekstraknya
  4. Jalankan WinToFlash.exe
  5. Klik “tombol cek besar” untuk memulai Windows setup wizard transfer
  6. Klik Next kemudian Tentukan lokasi (drive) instalasi Windows 7 DVD dan USB drive kemudian klik Next (Windows 7 instalasi DVD adalah huruf drive dari drive Windows 7 DVD dan USB drive adalah huruf drive Fashdisk)                                          
  7. Pilih “Saya Menerima syarat-syarat perjanjian lisensi” dan klik next
  8. Klik OK untuk memformat USB flash drive dan file akan ditransfer secara otomatis dari Windows 7 install DVD drive USB flash
  9. Klik Next bila sudah selesai mengcopy
  10. Tancapkan flashdisk ke Netbook yang akan diinstal
  11. Hidupkan netbook, aturlah booting melalui flashdisk dari BIOS atau bisa Anda tekan tombol F9 (untuk merk Netbook HP Mini Series, F12 untuk Lenovo)
  12. Install windows 7 seperti Anda menggunakan DVD-Rom.
Peringatan :
1. Saat menggunakan wintoflash matikan seluruh antivirus dan program yang sedang berjalan.
2. Jika pembuatan flashdisk installer kesulitan di komputer Anda, bisa Anda gunakan komputer lain (berdasar pengalaman, jika poin 1 diatas gagal)

0 komentar:

Poskan Komentar