Selasa, 08 Mei 2012

Sejarah Asal Mula Mouse Komputer



Bagi kita pengguna komputer pasti sudah akrab dengan yang namanya mouse atau kalau dalam bahasa Indonesia tetikus,namun orang lebih menyukai kata mouse daripada tetikus.Yah mouse sebuah piranti yang berfungsi mempermudah kita untuk mengoperasikan komputer kita.Sebenarnya bagaimana sih awal mulanya dan sejarahnya mouse itu.Mari kita jelajahi bersama.


Dinamakan mouse karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus (mouse).Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).



Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.



Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

0 komentar:

Posting Komentar