Selasa, 08 Mei 2012

AppRemover: Menghapus/Uninstall Software Keamanan Yang Bermasalah

AppRemoverMungkin Anda pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan seperti yang satu ini: Program Anti-Virus yang baru tidak bisa di install karena di tolak oleh Windows, dengan alasan akan terjadi bentrok (crash) dengan software keamanan yang lama; Atau justru software Anti-Virus yang baru itu sendiri menolak untuk diinstall dengan alasan tidak kompatibel dengan program Anti-Virus yang lama, dan mensyaratkan agar program Anti-Virus yang lama diuninstall/dibuang lebih dulu jika ingin melanjutkan proses.
Padahal, Anda sudah yakin 100% bahwa program Anti-Virus yang lama sudah di uninstall sebelumnya. Kalaupun dicek di control panel Windows, memang benar sudah tidak ada software keamanan lain yang terpasang di komputer.
Sebenarnya, apa yang sedang terjadi?
Biasanya, sebuah software keamanan (Anti-Virus) mempunyai fitur proteksi diri yang kuat, baik pada saat awal menginstall maupun ketika sudah bekerja memproteksi sebuah komputer.
Proteksi diri saat menginstall, bisa di lihat pada saat mendeteksi adanya Anti-virus lain yang sudah terpasang, akan memberikan peringatan sekaligus permintaan untuk meng-uninstall produk lama, karena alasan kompatibilitas:
Tidak kompatibel
Sedangkan proteksi diri ketika sudah bekerja, bisa ditengarai ketika ada suatu proses yang berniat untuk melakukan sesuatu yang dianggap tidak wajar oleh sebuah Anti-Virus terhadap dirinya:
Proteksi diri
Beberapa AntiVirus bahkan dilengkapi dengan password untuk perlindungan diri, seperti produk dari Symantec, misalnya.
Sayangnya, metode proteksi diri ini kadang-kadang juga menimbulkan masalah lain, terutama ketika akan meng-uninstall program keamanan tersebut. Dimana proses uninstall tersebut masih menyisakan beberapa data yang menyesatkan kinerja Windows Security Center: Menganggap bahwa AntiVirus tersebut masih ada dan aktif, meskipun pada kenyataannya program tersebut sudah tidak terpasang lagi di komputer.
Hal inilah yang kadang-kadang membuat software AntiVirus lain menolak untuk diinstall di komputer tersebut.
Beberapa vendor program AntiVirus sudah menyediakan software khusus yang berfungsi untuk meng-uninstall produk mereka masing-masing dengan baik, termasuk membersihkan residu hasil uninstall produk mereka yang mungkin masih tersisa.
Software khusus uninstall ini bisa didownload dari situs resmi masing-masing vendor.
Namun jika tidak ada, masih ada program lain dari pihak ketiga yang mempunyai fungsi yang sama, yaitu AppRemover.
AppRemover adalah sebuah program gratis khusus dari OPSWAT yang memungkinkan pengguna untuk menghapus/meng-uninstall antivirus, antispyware dan aplikasi keamanan lainnya, serta data/file yang tersisa dari proses uninstallasi yang kurang sempurna.
Tampilan AppRemover
Program ini mendukung banyak jenis software keamanan dari berbagai vendor keamanan, di antaranya McAfee, Symantec, Norton, AVG, Avast, dll (Untuk melihat daftar software keamanan yang didukung secara lengkap, silahkan lihat daftarnya di situs resmi AppRemover).
AppRemover memiliki 2 modus untuk menghapus/uninstall program keamanan yang ada, yaitu:
Remove Security Application.
Modus ini bekerja layaknya proses uninstall program seperti biasa. Prosesnya juga lebih mudah jika digunakan untuk menghapus suatu program AntiVirus yang di proteksi dengan password (yang mungkin saja sang penggunanya sudah lupa detil passwordnya).
Clean Up A Failed Uninstall.
Ini adalah modus yang menjadi fokus dari artikel di AcaRossa kali ini. Berfungsi untuk membersihkan data/file yang tersisa dari proses uninstallasi yang kurang sempurna.
Methode uninstall
Cara melakukan proses penghapusan program AntiVirus melalui modus ini juga cukup mudah.
Cukup pilih modus ini (seperti gambar di atas), maka akan muncul tampilan yang minta konfirmasi untuk melakukan penyisiran di komputer (windows) secara mendalam:
Konfirmasi scan
Klik saja tombol “Continue“, maka proses penyisiran/scan akan segera dimulai:
Proses scan
Jika ditemukan adanya sisa installasi program AntiVirus yang masih ada, AppRemover akan menampilkannya, seperti gambar di bawah ini:
Pilih software
Pilih saja program keamanan yang akan dihapus, lalu klik tombol “Next“. Maka proses penghapusan akan langsung dimulai sampai selesai:
Proses uninstall
Beberapa keadaan mungkin menyebabkan AppRemover meminta kita untuk merestart komputer, tujuannya untuk menyelesaikan proses uninstall yang diperlukan:
Restart komputer
Klik saja tombol “Reboot Now“, maka komputer akan direstart oleh AppRemover.
Saat Windows kembali tampil dan dalam posisi siap, maka komputer sudah bersih dari software keamanan dan bisa diinstall dengan software keamanan lain yang diinginkan.
Catatan:
Fokus artikel ini adalah untuk menampilkan cara AppRemover (yang bisa Anda download dengan gratis dari situs resmi AppRemover) dalam menghapus sebuah software AntiVirus yang menyebabkan isu kompatibilitas ketika akan menginstall software keamanan baru di komputer melalui modus “Clean Up A Failed Uninstall”.
Sedangkan jika ingin menguninstall software AntiVirus secara normal, modus “Remove Security Application” yang harus dipilih; Atau paling umum, gunakan saja fitur Add/Remove Software milik Windows.

0 komentar:

Poskan Komentar