Selasa, 08 Mei 2012

Konsep Baru pada Booting Ubuntu 9.10


Tadi siang hotspotan di kampus mo update Karmik Koala, dengan koneksi super cepat update sebesar kira2 130an Mb dapat diunduh dengan beberapa jam menit dan detik.
setelah update Q restart deh koala Q, tapi setelah restart kq ada yang ane yaitu tampilan Grub yang tiba2 dobel g2. tak pantang menyerah Aku nyari muter2 dijagat internet ditemani paman Google nyari apa penyebabnya. eh, ternyata konsep Grub pada Karmic Koala ini dah dirombak abis2an. untuk lebih jelasnya silahkan baca lebih lanjut…….Cekidot…..
Konsep booting ini berasal dari blueprint Launchpad yang berjudul karmic-boot-experience.
KarmicBootExperienceDesignSpec_003
Usplash yang dulu menemani anda untuk proses booting Ubuntu dari Ubuntu versi 5.10 kini akan ditinggalkan, dan diganti dengan Xsplash, yaitu sebuah perangkat lunak untuk memunculkan splash screen di atas X server. Jadi, splash screen akan muncul setelah X server dijalankan oleh sistem. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi transisi dengan munculnya flickr setelah proses menampilkan splash screen. Setelah proses booting selesai, maka layar login akan langsung nampak. Kemudian pada saat proses masuk ke desktop, splash screen akan kembali muncul.
KarmicBootExperienceDesignSpec
Model splash screen tidak akan jauh beda dengan model yang sudah sejak lama digunakan, yaitu dengan adanya logo Ubuntu ditambah dengan animasi progressbar di bagian bawahnya. Pada bagian splash, akan ditambah sebuah bagian di bagian bawah yang akan menampilkan berbagai petunjuk.
KarmicBootExperienceDesignSpec_002
Eit, ada yang hampir lupa saya sampaikan. GRUB yang menjadi bootloader dari Ubuntu juga akan dimodif, dengan menggunakan GRUB versi 2.0. Pilihan sistem operasi akan dibuat menyatu dengan splash screen dan dibuat tanpa adanya flickr setelah proses pemilihan sistem operasi dengan proses booting. Hal ini seperti yang sudah ada di sistem operasi Mac OS X.
Jika terdapat pesan kernel panic atau pada saat proses pengecekan harddisk, juga akan dibuat lebih elegan. Layar tidak akan dikembalikan ke mode teks dan menapilkan pesan yang membuat beberapa pengguna sakit kepala, namun akan dibuat lebih indah dan menyatu dengan splash.
Demikian penjelasan dari konsep baru proses booting pada Karmic Koala. Semoga konsep tersebut bisa 100% terealisasi. Untuk konsep yang lebih lengkap, silahkan menuju ke https://wiki.ubuntu.com/DesktopExperienceTeam/KarmicBootExperienceDesignSpec.

0 komentar:

Poskan Komentar